-->

cara menghilangkan stres karena masalah keluarga

cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah


Orang cerdas selalu punya alasan kuat di dalam hati untuk mampu berdiri tegar pada saat mereka dlililit masalah yang berat dalam hidup. Pribadi kuat tidak akan kehabisan ide dan solusi untuk menyelesaannya dan bisa bersikap dewasa dalam menghadapi masalah.


cara menyelesaikan masalah
cara menyelesaikan masalah


Dan apakah kamu termasuk juga salah satu orang cerdas? Bagaimana cara mengatasi masalah ekonomi dalam rumah tangga maupun masalah lainya yanga bisa membuat stres dapat kamu lihat di sini.


Orang cerdas selalu punya alasan kuat di dalam hati untuk mampu berdiri tegar. Pun saat mereka dlililit masalah yang berat dalam hidup. Pribadi kuat tidak akan kehabisan ide dan solusi untuk menyelesaan.


cara menghadapi masalah yang berat


1. Bersikap Sabar Ketika Tidak Datang Masalah Keluarga


Kamu mempunyai prinsip  kuat ketika ada perselisihan pendapat antara keluarga baik itu suami istri maupun dengan anak. Sebab kamu berpendapat setiap orang memiliki perbedaan sendiri dalam hidupnya, dan tidak mungkin sama antara satu dengan yang lain. Maka pada saat ada orang yang menentangmu, kamu lebih memilih bersikap sabar dan tetap berlaku baik terhadap orang-orang yang tidak sependapat dengan dirimu.


Baca Juga : syarat utama menjadi pemimpin yang baik


2. Tidak Berpikiran Dangkal Dan Picik


Daripada sibuk mengurusi pendapat orang yang tidak setuju denganmu, kamu tetap menentukan berpikir posiitif. Mengambil makna dari semua kejadian yang ada. Tidak akan membiarkan waktumu habis tersita, hanya untuk urusan yang tidak penting yang mengacaukan hati dan pikiranmu. Kesabaran rasanya selalu tercermin dari dirimu. Solusi tetap dicari tanpa pernah menyakiti hati siapapun.


3. Tetap Sopan Dan Baik Hati


Meskipun hatimu disakiti dan dikecewakan, tapi kamu tetap berusaha bersikap baik. Bagimu tiada alasan membalas perbuatan buruk orang lain yang telah dilakukan padamu. Justru kamu mendoakan kebaikannya. Menyadari kesalahan dan berharap buah dari akibat kejahatannya tidak menimpa diri atau anggota keluarganya yang lain. Memupuk dendam hanya menghabiskan tenagamu saja dan merenda masa depan buruk di masa yang akan datang.


4. Lebih Fokus Pada Diri Sendiri


Orang cerdas akan fokus pada hal besar kebaikan dan tidak sibuk memerhatan hal remeh bernilai keburukan. Ia terus mengejar segala impian hatinya dan menganggap yang menimpanya adalah sesuatu yang biasa. Sebagai jalan menuju kesuksesan seseorang harus mau melewati berbagai ujian dan cobaan. Begitulah prinsip hidupmu.


5. Jujur Menyatakan Perasaan


Orang cerdas itu berani mengemukakan pendapatnya jika merasa tidak nyaman. Tak peduli apakah orang senang mendengarnya atau tidak. Jika merasa ia terdzolimi pasti akan berani membela haknya. Seperti manusia lain si manusia cerdas akan gigih mempertahankan apa yang menjadi milik dan haknya.


6. Menenangkan Diri


Ketika kamu merasa sudah tidak mampu meng-handle semua yang terjadi, kamu memberikan kesempatan pada dirimu sendiri untuk menjauh. Menenangkan pikiran sembari mencari jalan keluar terbaik, tidak menyalahkan orang-orang di sekitarmu. Tak ingin terpengaruh oleh atmosfir penolakan dirimu yang bisa meruntuhkan harga dirimu, kamu lebih memilih menghilang untuk beberapa saat. Dan kembali dengan hati dan pikiran lebih baik dari kemarin.


7. Menjaga Jarak


Pada saat suasana sudah tidak sejalan lagi dengan keinginanmu, kamu memilih menjaga jarak. Tidak mau terus-terusan lelah menghadapapi sikap apatis atas dirimu. Semua kamu lakukan agar orang tidak salah paham dengan keputusan yang kamu buat.  Bahwa kamu mampu berdiri sendiri tanpa meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah.


Kamu sudah baca ciri-ciri di atas? Lalu apakah salah satunya menjadi ciri karaktermu? Jika iya, maka selamat!


Mengapa demikian? Sebab pada kenyataanya menjadi pribadi cerdas itu tidak semuda yang orang kira. Orang cerdas itu pintar di atas segalanya, terutama dalam mengatur pola kestabilan emosi jiwanya. Sudahkah kamu mampu mengatasi masalah?


Baca Juga : bagaimana cara menjalani kehidupan didunia yang baik

LihatTutupKomentar