-->

Mengenal Program langit biru untuk hidup lebih baik

Kenal lebih dekat dengan Program Langit Biru


Program langit biru untuk hidup lebih baik
Program langit biru 


Tak terasa sudah hampir mendekati bulan suci ramadhan bagi umat muslim yang merayakanya. bulan suci yang penuh berkah ini mengigatkan kembali saya ketika puasa tahun kemarin yang seakan sepi dari keramaian karena menghindari dampak virus corona. Tetapi anehnya ketika itu saya merasa ada yang berbeda dengan cuaca atau udara yang terasa bebas dari polusi.


Bayangkan saja jika keadaan puasa seperti sebelum adanya covid-19 maka akan banyak  kendaraan yang mau mudik ataupun arus balik melintas dan menyebarkan polusi udara. Kebetulan rumah saya berada tepat di pinggir jalan raya sehingga saya bisa membedakan secara langsung kualitas udara yang ketika banyak kendaraan dan tidak.


Tetapi patut disyukuri saya hidup di daerah perkampungan yang memang polusi udara tidak seperti di daerah perkotaan yang setiap hari dipadati oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.


emisi gas buang
emisi gas buang


Perlu diketahui polusi udara juga banyak menyumbang penyakit mengutip pada halaman allianz.co.id.

ada 5 jenis penyakit yang muncul akibat polusi udara :

1. infeksi saluran pernafasan

Yaitu batuk dan pilek yang dapat menular ke orang terdekat melalui udara yang dihirup.

2. penyakit asma 

Penyakit yang satu ini merupakan penyakit kronis jangka panjang yang terjadi pada saluran pernafasan dan membuat sesak napas, batuk dan penyakit saluran pernafasan lainya.

3. paru-paru basah atau pneumonia

Penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur yang dapat membuat badan menjadi demam, batuk dan sulit bernapas.

4. bronchopneumonia

terdapat peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur sehingga paru-paru tidak mendapatkan suplai udara yang cukup.

5. serangan jantung

Polusi udara juga dapat menimbulkan serangan jantung karena terdapat penumpukan plak pada pembuluh darah dan dapat mengakibatkan stroke ataupun jantung koroner.


Selain itu polusi udara ternyata sebagai pembunuh diam-diam yang tidak akan kita sadari pergerakannya, pada tahun 2019 mengutip katadata.co.id polusi udara menyebabkan 7 juta jiwa meninggal dan yang paling banyak terjadi di asia tenggara. Wah tidak bisa dibayangkan betapa mengerikan polusi udara memang kadang orang tidak mau memperdulikanya tapi dampak dari hal ini sangat berbaya.

Sumber Polusi udara
Sumber Polusi udara


Ada 6 sumber polusi udara menurut data who yang perlu kita ketahui :

  1. industri dan produksi energi
  2. kendaraan
  3. pengolahan limbah
  4. aktivitas rumah tangga
  5. kegiatan pertanian
  6. debu

Pada tahun 2019 DKI Jakarta menjadi lima besar kota dengan tingkat polusi udara tertinggi dunia berdasarkan data AirVisual pada Senin (29/7/2019), pukul 09.38 WIB. Jakarta menempati urutan pertama, dikutip pada Kompas.com

Peringkat polusi udara pada tahun 2019
Peringkat polusi udara pada tahun 2019 


Bagaimana jika dikota anda menjadi tingkat polusi udara tertinggi, pastinya sulit untuk dibayangkan menghirup udara dengan polusi tinggi dapat dirasakan seperti hidup dalam ruangan yang sempit atau kedap udara dan seakan sulit untuk bernapas.


Lalu apa penyebab polusi udara yang meningkat di Jakarta..?


Dari hasil pantauan menurut dinas lingkungan hidup DKI Jakarta hampir 75%  polusi udara disebabkan oleh kendaraan ataupun transportasi sisanya dari industri dan domestik. (GriT0.com).


Tentunya kita sudah mengetahui bahwa di ibukota jakarta ataupun dikota besar lainya  banyak sekali transportasi darat yang emisi gas buang nya sangat tinggi. Apalagi jika terjadi kemacetan inilah yang sebagai salah satu sumber polusi udara. 


Pada Tahun 2015 bapak presiden kita jokowidodo telah berkomoitmen dan menandatangani Paris Agreement tahun 2015 yang tujuanya menurunkan emisi karbon sebanyak 29 persen di tahun 2030.


Mengenal BBM Ramah lingkungan untuk mewujudkan program langit  Biru


Pada kamis 25 Maret 2021 Kantor Berita Radio (KBR) Bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI ). YLKI meurpakan lembaga yang  bertugas untuk melindungi hak-hak dan kewajiban konsumen yang tercantum dalam Pasal 44 Ayat 3 UU Perlindungan Konsumen, yang sedang gencar mengadakan sosialisasi melalui webinar bertema “Mendorong Penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan Program Langit Biru".


Mendorong Penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan Program Langit Biru
Mendorong Penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan Program Langit Biru




apa itu program langit biru, tentunya masih banyak yang belum mengenal program langit biru. Program langit biru merupakan program yang dicanangkan oleh kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ), Program ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah polusi udara dengan menggunakan BBM ramah lingkungan agar tercapainya kualitas udara yang sesuai kebutuhan standar manusia. Program langit biru mulai di bentuk pada Tahun 1996.


Webinar ini dihadiri oleh Ketua harian YLKI bapak tulus abadi, Bapak dasrul chaniago direktur pengendalian pencemaran udara perwakilan KLHK dan beberapa pejabat dinas lingkungan hidup dari provinsi Jambi, Kupang, gorontalo dan Banjarmasin serta kalangan blogger, influencer dan media.


Pada kegiatan webinar ini saya merasa bersyukur sebagai salah satu peserta, selain itu juga pemahaman saya tentang BBM ramah ingkungan bertambah. Karena saya sebagai salah satu pemakai kendaraan yang tiap hari bekerja dari pagi hingga sore selalu menggunakan bahan bakar minyak Pertalite dan pertamax. Meski kadang masih menginginkan BBM premium yang terbilang lebih murah.


Dari hasil polling survey yang saya lakukan melalui telegram kurang lebih 500 orang selama 24 Jam, kendaran yang menggunakan roda dua sebanyak 93% dan 7% Kendaraan roda empat. dan tentunya standar emisi gas kendaraan nya juga meningkat yang harus disesuaikan denga BBM.

Dan baru saya sadari setelah mengikuti webinar BBM jenis premium banyak merugikan di bandingkan dengan jenis BBM lainya. Dalam hal ini disamapaikan oleh Bapak tulus selaku perwakilan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia bahwa kendaraan bermotor menyumbang  75% pencemaran lingkungan dan juga BBM yang tidak sesuai standar kendaraan dapat merugikan kendaraan itu sendiri seperti minyak kendaraan yang cepat habis dan juga kerusakan mesin.


Dalam hal ini juga disampaikan oleh pemateri lainya bahwa kendaraan yang digunakan saat ini mestinya sudah menggunakan bahan bakar yang sesuai standar kebutuhan kendaraan. Minsalnya kendaraan yang kebutuhan minimal RON 92 dipaksakan dengan premium yang RON 82 maka akan membuat kendaraan tersebut memiliki sisa atau kerak karbon menumpuk yang ada pada kendaraan. Sehingga ini menyebabkan emisi gas tidak terbuang dengan sempurna.


Mungkin banyak yang belum tau apa itu gas buang dan RON 82, 92. Mari baca lagi disini..


Gas buang adalah sisa pembakaran yang dikeluarkan melalui knalpot kendaraan. Gas ini mempunyai zat yang berbahaya untuk kesehatan. Lalu apa saja zat tersebut.


Karbon monoksida (CO)

Gas ini jika dihirup akan menyebabkan kesulitan bernapas, mungkin anda pernah merasakan  suatu keadaan jika ada banyak disekitar kita atau didalamnya akan membuat diri menjadi mual dan pusing, ini terjadi karena gas jenis CO dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh.

Hidrokarbon (HC)

Reaksi dari zat ini berasal dari pembakaran tidak sempurna. Jika masuk ke dalam tubuh ataupun paru-paru dapat menjadi sel kanker. 


Karbon dioksida (CO2)

Tingginya jumlah CO2 yang berada diudara jika tidak diimbangi banyak nya pohon akan menyebabkan pemanasan global karena tidak diikuti dengan proses fotosintesis oleh pohon yang menghasilkan oksigen.


Nitrogen oksida (NOx)

Zat ini dapat mengganggu saluran pernapasan seperti asman dan penyakit lainya.


Partikulat

Partikulat yaitu polusi udara yang dapat dilihat seperti kabut yang menyelimuti perkotaan. Partikulat jika dihirup dapat menyebabkan penyakit jantung , saluran pernafasan dan penyakit lainya.


Sangat berbahaya bukan.. sebaiknya kita hindari yang dapat menyebabkan penyakit. Dan begitu juga menurut istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sedia payung sebelum hujan.


Jika sudah sakit apa  jadinya. 


Nah apa saja jenis BBM atau merek dagang berdasrakan RON (Research Octane Number) dan cetane number :


1. Premium

Premium merupakan BBM yang termasuk digemari oleh masyarakat. Karena harganya terbilang murah. Dari hasil survey yang di dapatkan melalui telegram dengan peserta survey sebanyak 500 orang hampir 19% memakai premium sedangkan sisanya diisi oleh pertalite dan pertamax.  


Program langit biru
Polling survey telegram


Premium memiliki nilai RON yang terbilang rendah hanya 88 untuk kendaraan dengan rasio kompresi < 9:1


2. Pertalite

Pastinya semua sudah kenal dengan pertalite, hampir semua POM BBM dan penjual BBM eceran menjual Pertalite. Pertalite merupakan alternatif Premium yang produksinya semakin sedikit. Banyak kendaraan yang sudah memakai pertalite. Nilai RON Pertalite yakni 90 untuk kendaraan dengan rasio kompresi  9:1-10:1.


3. Pertamax 

BBM jenis ini bagi masyarakat umum pastinya  sudah tahu kalau menggunakan Pertamax akan membuat kendaraan jadi irit dan cepat pembakaran nya. Pertamax memiliki nilai RON  92 untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10:1-11:1. 


4. Pertamax Turbo

Ini produknya juga menarik pertamax jenis ini juga irit dan menurut isu yang saya ketahui BBM jenis ini bikin suara mesin jadi halus dan dapat membersihkan mesin. Pertamax Turbo Memiliki Nilai RON 98 untuk kendaraan dengan rasio kompresi 11:1-13:1.


Dan mungkin masih ada yang belum disebutkan, yang saya belum ketahui. Semua jenis BBM tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk itu kita perlu memilah BBM yang menguntungkan bagi diri kita dan alat transportasi kendaraan yang kita pakai.


Bagaimana memilih BBM yang ramah lingkungan


Memilih BBM yang tepat bukan saja perkara mudah bagi setiap orang karena terkadang banyak faktor ekonomi yang membatasinya. Tetapi memilih BBM yang ramah lingkungan bukan saja ramah dikantong. Memilih BBM yang ramah dikantong dan ramah juga untuk lingkungan. 

Seperti yang sudah disampaikan di atas pada kegiatan webinar “mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan guna mewujudkan program langit biru” itu harus sesuai dengan standar kebutuhan kendaraan itu sendiri. Berdasarkan peraturan Kementrian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) nomor 20 Tentang Baku mutu Emisi Gas buang kendaraan bermotor tipe baru M,N dan O. Kendaraan seharusnya sudah menggunakan emisi euro 4.


Apa saja jenis BBM euro 4 itu, mari simak lagi.


BBM yang termasuk dalam euro 4 yaitu pertamax Turbo dengan menggunakan BBM jenis ini pembakaran yang dihasilkan semakin cepat sehingga emisi gas buang nya sedikit dibandingkan dengan jenis dibawahnya. Selain itu perawatan yang dilakukan untuk kerusakan juga akan sedikit karena keadaan mesin sesuai standar tidak akan memaksakan pembakaran yang dapat merusak mesin jika tidak sesuai standar.


Dengan emisi gas buang yang sedikit pastinya polusi atau pencemaran yang kita takutkan akan berkurang.


Di indonesia perkembangan standar emisi juga termasuk lambat  dibandingkan dengan negara tetangga yang sudah menggunakan standar emisi euro 5 dan 6.


Penyebab sulitnya menerapkan program langit biru


Salah satu penyebab sulit nya menerapkan program langit biru yaitu ekonomi, dari polling yang saya lakukan ternyata masih banyak sekali orang yang menginginkan premium tidak dihapuskan hampir 58% dari total 500 orang peserta polling survey.


Program langit biru
survey dengan telegram


Dengan adanya polling atau survey ini dapat membuktikan bahwa masih banyak orang yang mengingikan BBM dengan harga murah tanpa mengetahui resiko yang di dapatkan nya. 


Solusi yang tepat untuk menerapkan program langit biru

Tentunya di setiap masalah ada solusi, dari survey atau polling ini juga dapat kita simpulkan bahwa cara terbaik untuk mengatasi pencemaran udara dengan menurunkan harga BBM lainya 67% setuju dan 33% tidak setuju dari jumlah peserta 500 orang. 

Program langit biru
Polling survey telegram


Dan juga sesuai dengan yang disampaikan pada webinar bahwa BBM yang ada jangan menggunakan banyak pilihan, buat pilihan yang sedikit dan menguntungkan untuk konsumen.


Hampir semua orang peduli dengan lingkungan, hanya saja kondisi dan sosialisasi yang tepat dapat menggerakkan pola pikir. 


Program langit biru
Survey melalui telegram


Dengan adanya survey ini dapat disimpulkan bahwa banyak masyarakat yang setuju untuk menggunakan BBM ramah lingkungan, dan sudah seharusnya pemerintah mengambil kebijakan yang tepat. guna mewujudkan program langit biru..


Tugas kita semua


Saya seorang blogger tentunya merasa sangat berterima kasih dengan adanya program ini bisa menambah wawasan saya mengenai program langit biru dan pembaca saya. 


Untuk itu tugas kita semua yaitu menyebarluaskan informasi yang positif dan ilmu yang baik kepada semua orang.


Program langit biru
survey melalui telegram




Dari hasil polling diatas yang saya dapat 500 orang ternyata 79% nya  masih banyak yang belum mengetahui tentang program langit biru. Yang faktanya program ini sudah seperempat abad ada. Untuk itu kita yang sudah mengetahui mari sukses kan program langit biru dengan cara memilih BBM yang sesuai standar emisi indonesia guna membirukan langit seindah langit biru.


untuk mengetahui lebih detail mengenai program ini, 

Silakan simak disini 




LihatTutupKomentar