-->

9 Tips Untuk Membuat Presentasi Bisnis Anda Sukses

tips membuat presentasi yang efektif dan efisien


Tips Untuk Membuat Presentasi Bisnis Anda Sukses
Tips Untuk Membuat Presentasi Bisnis Anda Sukses

9 Tips Untuk Membuat Presentasi Bisnis Anda Sukses - Bisnis adalah semua tentang menjual konsep, produk atau berupa topik.dalam membuat presentasi bisnis, penting anda ketahui apa materi Anda, jika Anda tidak paham betul tentang apa yang anda jual. Anda siap untuk menjalani tantangan, membuat presentasi bisnis yang baik membutuhkan kerja keras dan latihan, dan tentunya Anda harus menjaga audiens Anda agar tetap tertarik dan fokus.beberapa tips yang akan saya berikan di bawah ini. mungkin bisa jadi hal yang bermanfaat untuk Anda.


Cara Membuat Presentasi Bisnis yang Baik dan Benar


1. Gunakan Kunci Frasa Tentang Topik Anda


Membuat Frase kunci dan informasi penting tidak lah cukup, dibutuhkan seorang presenter berpengalaman, pilih hanya tiga point tentang topik yang anda jelaskan, tidak perlu banyak asalkan mereka secara konsisten dan dapat memahami materi presentasi yang anda jelaskan, jangan menggunakan lebih dari tiga materi per slide tampilan di layar, itu akan membuat mereka mudah untuk membaca.


2. Buatlah Slide Out (Penting)


Buatlah sebuah slide yang mudah di ikuti dan dipahami, di atas slide anda bisa menambahkan judul ini mempermudah audiens untuk menemukannya, pastikan prase harus terbaca dari kiri ke kanan dan atas ke bawah, dan yang terpenting simpanlah informasi di atas slide, seringkali audiens paling belakang tidak dapat membaca karena informasi penting terletak di bagian bawah.


Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis Digital Paling Potensial di Indonesia 2021


3. Batasi Tanda Baca dan Hindari semua huruf kapital


Perhatikan tanda baca ketika Anda melakukan presentasi di depan audiend, tanda baca yang tidak pada tempatnya, akan mengacaukan slide dan penggunaan huruf kapital tidak saya sarankan.


4. Jangan Menggunakan Fancy Font


Penggunaan font tentu Anda harus perhatikan, gunakanlah font yang sederhana dan mudah untuk dibaca, seperti arial, verdana, time new roman, saya tidak menyarankan menggunakan font script type karena ini tentu saja membuat audiens sulit membaca tampilan di layar, baiknya hanya menggunakan dua font saja, font untuk judul dan konten. hindari penggunaan size fonr yang besar, sara sarankan anda menggunakan size 24 pt atau lebih. sehingga memudahkan orang-orang bagian belakang untuk membaca di layar.


5. Pakai warna warna yang kontras untuk teks dan background


Text gelap dengan cahaya, baik untuk anda tampilkan di latar belakang, tetapi anda harus menghindari warna background yang putih, atau krem. ini dapat menyilaukan pandangan audiens Anda. pastikan anda menggunakan warna terang untuk memudahkan orang membacanya Catatan : background yang bermotif dapat menyulitkan audiens untuk membacanya konsisten dengan skema warna di seluruh materi presentasi Anda.


6. Gunakan Slide Desain yang Efektif


Jika Anda menggunakan tema desain powerpoint terbaru atau versi sebelumnya dari powerpoint, pilihlah yang sesuai untuk audiens, terlihat bersih daan juga tata letak baiknya sederhana saja.


7. Batasi Jumlah Slide untuk menghindari masalah


Perhatikan jumlah slide jangan sampai terlalu banyak, guna menghindari masalah pada slide yang terus berubah selama presentasi, satu slide per menit sudah cukup efektif untuk audien Anda.


8. Tambahkan Foto, Grafik Ataupun Video


Kombinasikan antara foto, diagram dan grafik, atau jika perlu tambahkan embed video, ini akan menambah variasi dalam presentasi Anda untuk menjaga audiens Anda tetap tertarik dalam presentasi Anda dan juga untuk menghindari kebosanan aundien Anda.


9. Pastikan Semua Perangkat Berjalan Dengan Baik


Pastikan perangkat Anda berjalan dengan baik sebelum dan sesudah jalannya presentasi, gunakan power point terbaru ketika mengcopy presentasi Anda ke cd, selain itu gunakan microsoft power point viewer, copy ke cd untuk menjalankan presentasi powerpoint pada komputer yang belum terinstall powerpoint.


Baca Juga : Apa itu GoWork

LihatTutupKomentar