-->

Kabar untuk diriku hutanku dan bumiku di masa yang akan datang

 Surat untuk diriku, Bumiku dan Hutanku


Taman Nasional Gunung Palung
Taman Nasional Gunung Palung

Jika kita membayangkan kembali, begitu lebat nya hutan yang ada di Indonesia dan kalimantan tepatnya di 15 tahun yang lalu,  udara yang ada sangat segar juga sejuk untuk di nikmati. Dulu hutan di manfaatkan untuk kebutuhan hidup  dan di jaga kelestarian nya untuk di manfaatkan bersama antara manusia dan makluk hidup lainya.

 

Tapi sekarang hutan sedang di acuhkan dan di siksa keberadaanya, Mungkin saat ini generasi milenial tidak begitu mengenal betapa nikmatnya bermain dengan alam, jadi terpikirkan ketika mereka bermain plethokan/tembakan bambu, engklek dan gasing kayu. dengan sepotong kayu yang di ambil di hutan. Itu semua bisa di jadikan permainan tradisional yang ramah lingkungan dan berdaya guna.  Serta bermain menjelajah dan menikmati keindahan alam. ini semua merupakan permainan tradisional yang ada di Indonesia dan hampir semua permainan tradisional ini menggunakan peralatan dari alam.

 

Tapi semua itu hanya hayalanku semata yang ingin mengembalikan  permainan alam dan eksistensi nya di era tahun 2000-an yang begitu nikmat, jujur itu semua memang mengasyikan di bandingkan bermain dengan game online. bermain dengan alam dan menikmati keindahan alam sambil menikmati udara yang segar dan bebas untuk bernapas lega, memang merupakan keberkahan bagi setiap orang.

.

Hutan merupakan sumber kehidupan yang sangat penting, bukan hewan saja yang membutuhkan hutan manusia juga membutuhkan hutan untuk keberlangsungan hidup dan sebagai tempat penyimpanan sumber daya air. Air tanpa hutan maka air akan cepat habis dalam hal kebutuhan makhluk hidup, hutan tanpa air maka hutan tidak akan berkembang dan tumbuh. Maka hutan dan air sebuah kebutan pokok yang harus di jaga.

 

Beberapa fungsi hutan yaitu :

  • Menjaga ketersediaan air hujan dan mengalirkan ke sungai untuk kebutuhan makhluk hidup.menyerap air hujan yang di simpan di akar pohon agar tidak terjadi banjir, longsor dan erosi.
  • Sebagai pengatur iklim yang memproduksi oksigen (O2) dan menyerap karbondiosida (CO2) yang merupakan sisa hasil manusia.
  • Tempat habitat flora dan fauna endemik sehingga ekosistem kehidupan hutan tetap bisa terjaga dengan baik dan menjadi tempat sumber kehidupan masyarakat.

 

Begitu banyak fungsi hutan yang kadang kita abaikan keberadaan nya sehingga kita lupa bagaimana jika tidak ada hutan, bagaimana flora dan fauna bisa hidup, bagaimana kebutuhan air kita berkurang atau habis dan bagaimana jika kita tidak bisa menghirup udara nan sejuk lagi. Untuk itu kita perlu menjaga hutan dan ekosistem nya.

 

Tapi saat ini malang yang harus kita terima bencana datang karena kita yang mengundang.


Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan


Kebakaran hutan dan lahan merupakan suatu bencana yang selalu terjadi di Indonesia hampir tiap tahun. Tercatat 135,7 ribu hektare area hutan dan lahan pada Tahun 2019 yang terbakar dan rusak. Salah satu pulau Kalimantan dan Sumatera merupakan dua wilayah yang paling berlangganan kebakaran hutan, jadi bukan kuota internet saja yang bisa berlanganan Kebakaran pun bisa berlangganan.

 


Berdasarkan data Sipongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama beberapa periode ini 16 sampai 22 Agustus saja terdapat 999 titik panas atau api. Di Kalimantan terdapat 480 titik api, sementara Sumatera sebanyak 467 titik api.

 

Indonesia setiap tahun kehilangan hutan siapa yang mencurinya, Ada apa dengan bumi pertiwi ini  siapa yang harus di salahkan.

 

Hutan Indonesia merupakan hutan tropis yang memiliki banyak keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya meliputi 12 persen jenis mamalia dunia, 7,3 persen jenis reptil dan amfibi, serta 17 persen jenis burung dari seluruh dunia. Diprediksikan masih banyak lagi jenis yang belum diketahui dan masih menjadi misteri di dalamnya. dari data WWF menunjukkan antara tahun 1994-2007 saja ditemukan lebih dari 400 jenis baru dalam dunia sains di hutan Pulau Kalimantan.

 

Dengan banyaknya keberagaman hayati sehingga Indonesia menjadi sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, Berdasarkan data dari FAO tahun 2010 hutan dunia – termasuk salah satu nya hutan Indonesia secara keseluruhan menyimpan kurang lebih 289 gigaton karbon dan memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia.

 

Jadi keberadaan hutan di Indonesia sangatlah penting di mata dunia. Kita seharusnya bersyukur memiliki hutan  yang begitu lebat nan rindang. Bahkan ku juga sempat berfikir kadang orang rela membeli penyubur rambut dengan biaya mahal agar rambutnya tebal. Begitu pula dengan hutan. kita memilki hutan yang lebat tetapi sayang harus di gundulkan dengan cara yang salah dan tidak bertanggung jawab. Rambut yang gundul jika terkena matahari akan rentan dengan penyakit seperti demam, begitu pula dengan hutan pasti akan menimbulkan bencana.

 

kerusakan hutan di bumi pertiwi ini sangat memprihatinkan. dari catatan Kementrian Kehutanan Republik Indonesia, sedikitnya 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia menyusut dan berkurang setiap tahunnya. Data Kementerian Kehutanan ini menyebutkan dari sekitar 130 juta hektar hutan yang ada di Indonesia, 42 juta hektar diantaranya sudah habis ditebang oleh manusia atau masyarakat.

 

Kerusakan hutan yang semakin parah menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem hutan dan lingkungan disekitarnya. jadi wajar kalau seperti ini konflik antara hewan dan manusia selalu terjadi. Karena rumah dan kehidupan mereka terganggu

 

Rusaknya hutan tempat satwa liar hidup menyebabkan mereka bersaing dengan manusia untuk mendapatkan ruang mencari makan dan hidup serta berkembang biak, kemudian sering kali berakhir dengan kerugian yang besar bagi kedua belah pihak. Rusaknya hutan ini menjadi sebuah ancaman bagi semua makhluk hidup.

 

Kerusakan hutan atau ancaman yang sangat besar terhadap hutan alam di Indonesia adalah alih fungsi hutan menjadi perkebunan, penebangan liar, industri, kebakaran hutan dan eksploitasi hutan secara tidak lestari dengan baik untuk pengembangan pemukiman, maupun akibat perambahan.

 

kebakaran hutan
sumber : katadata.com

Pada tahun 2019 tercatat ada 10 Provinsi terjadi kebakaran hutan dan lahan terluas berdasarkan katadata.com

Hutan alam di kalimantan juga semakin berkurang selain karena kebakaran bisa juga karena ulah manusia yang ingin menebang pohon untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Salah satu yang terbanyak yaitu pulau Kalimantan yang merupakan hutan paru paru dunia. Kini hutan tersebut menyusut.

 

Hutan Kalimantan Menyusut setiap tahunnya
Hutan Kalimantan Menyusut setiap tahunnya

Bisa kita bedakan betapa cepatnya hutan di Kalimantan menyusut dari tahun ketahun. Jika seperti ini terus bagaimana untuk 50 Tahun mendatang ya.

 


Sangat di sayangkan Hutan sebagai tempat sumber kehidupan manusia setiap tahun nya habis tak menentu.

 

Di hari hutan nasional dan bumi nasional tahun 2021 ini kupersembahkan surat untuk diriku, bumiku dan hutanku. Semoga saja surat yang aku tulis sampai untuk 50 Tahun yang akan datang.

 

Kabar untuk diriku hutanku dan bumiku di masa yang akan datang

 

Hai diriku


Aku sangat senang hari ini masih bisa melihat hutan dan bumiku yang kian hari semakin berubah.

Aku juga sangat senang aku bisa menulis pesan ini untuk 50 Tahun yang akan datang.

 

Hai diriku


Hari ini aku masih bisa melihat hijaunya hutan meski yang aku lihat semakin berkurang.

Jika nanti 50 Tahun yang akan datang, aku tidak dapat melihat hutan dan menjaga bumiku.

Aku percaya masih ada orang baik yang akan melakukannya.

 

Hai diriku, hutanku dan bumiku

Di waktu 50 Tahun yang akan datang bagaimana rupa mu, aku berharap kau baik baik saja.

Aku selalu berdoa dan menjagamu saat ini dan hingga nanti.

 

Aku berharap kau baik baik saja

 

Bukan aku saja yang berjuang kita semua harus ikut berjuang menjaga hutan dan bumi menjadi lebih baik aman dari semua bencana. Salah satu nya ASRI yang selalu mengkampanyekan tentang menjaga hutan dan lingkungan.

 Yayasan yang Peduli Lingkungan


Apa itu ASRI, ASRI (alam sehat lestari) adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2007 oleh dr. Kinari Webb dan Drg. Hotlin Ompusunggu yang memiliki tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat dan melestarikan keanekaragaman hayati yang terdapat pada Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

 

Drg. Hotlin Ompusunggu seorang dokter gigi yang memadukan kesehatan dan konservasi alam, di sekitar taman nasional gunung palung. Dahulu disana sarana dan prasarana kesehatan sangat sulit karena biaya untuk berobat sangat mahal sehingga masyarakat disekitarnya banyak yang menjual dan memangkas hutan guna keperluan biaya berobat. Dengan demikian Drg. Hotlin Ompusunggu bersama dengan dr. Kinari Webb membangun yayasan dengan nama Alam Sehat Lestari atau disingkat ASRI.


Yayasan ASRI mempunyai misi membangun masyarakat sehat, sejahtera dan alam lestari di kawasan indonesia yang bermanfaat tinggi bagi kesehatan bumi dan menginspirasi dunia.


Program yang mereka tawarkan sangat unik dan  menarik. Program nya sangat membantu alam dan sekitarnya.

Program Yayasan Asri

1. Bidang Kesehatan

Pada tahun 1990 dr. Kinari webb pendiri ASRI menemukan banyak masyarkat yang menebang pohon untuk keperluan biaya berobat. Untuk itu ASRI hadir menjawab semua kebutuhan masyarakat tanpa harus merusak pohon, masyarakat tetap bisa berobat dengan dibangun nya klinik ASRI yang memiliki fasilitas dan layanan kesehatan sesuai kebutuhan masyarakat yang terjangkau.

Klinik ASRI

Merupakan satu-satunya di indonesia, klinik yang mungkin menerima pembayaran berobat dengan menggunakan bibit pohon

Pengobatan keliling

menyediakan layanan kesehatan yang langsung terjun kedusun dusun disekitar taman nasional, agar masyarakat bisa menjangkau akses kesehatan karena masih banyak daerah pelosok kalimatan yang akses kesehatan sulit di jangkau atau ditempuh.

Penanggulangan TB

Membantu puskesmas dan dinas kesehatan serta Melatih dan menugaskan Pengawas menelan obat (PMO) untuk mengawasi masyarakat yang terkena TB paru dan lepra untuk tidak putus minum obat.


PMO bertugas mengedukasi masyarkat, mengawasi serta memastikan ketersediaan obat bagi pasien penderita TB paru dan Lepra.

Kacamata

ASRI bekerjasama dengan perusahaan lensa kacamata Essilor – 2.5 NVG untuk menyediakan kacamata yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

2. Bidang Konservasi

sejak terbentuknya ASRI pada tahun 2007 ASRI mengintegrasikan layanan kesehatan dan konservasi disekitar taman nasional gunung palung (TNGP) diantaranya yaitu : 

Reboisasi

Menanam kembali pohon yang sudah rusak dengan metode Accelerated Natural Regeneration (ANR) atau Akselerasi Regenerasi Alami. Dengan metode ANR tidak akan banyak mengeluarkan biaya karena pertumbuhan tergantung proses alami hutan dan alam.

Monitoring deforestasi

Monitoring untuk memantau aktivitas ilegal loging atau yang berhubungan dengan pengrusakan hutan dan telah bekerjasama dengan lembaga terkait seperti Polhut.

Sahabat hutan

Sahabat hutan atau yang lebih dikenal dengan SAHUT merupakan perwakilan dari dusun ke dusun untuk membantu bekerjasama dalam mengkampanyekan Program ASRI dan ikut memonitoring aktivitas masyrakat khususnya pada kegiatan ilegal loging.

Pertanian organik

Memberikan pelatihan pertanian organik kepada masyarkat seperti membuat pupuk, pengelolaan lahan secara organik dan pembuatan proposal untuk mendapatkan hibah atau bantuan dari pemerintah.

Chainsaw buyback

Membeli chainsaw masyarkat dan memberi modal untuk usaha baru bagi masyarkat sesuai ketrampilannya supaya tidak menebang pohon.

Kambing untuk janda

Pemberian kambing untuk ibu janda setiap satu orang ibu janda diberi satu ekor kambing dan juga pelatihan mengenai perawatan kambing dan pembuatan pupuk dari kotoran kambing.

3. Bidang pendidikan

Memberikan edukasi terhadap anak anak yang dekat wilayah taman nasional. Karena mereka generasi penjaga hutan berikutnya.

ASRI Kids

Ekstrakurikuler yang dilakukan untuk Mengajarkan tentang kesehatan dan lingkungan diberikan kepada anak usia 10 dan 11 tahun.

ASRI Teens

Ekstrakurikuler yang dilakukan untuk Mengajarkan tentang kesehatan dan lingkungan diberikan kepada anak usia Remaja

Penyuluhan Masyarakat

Program penyuluhan yang biasanya diberikan kepada masyarakat yang berobat di klinik ASRI dengan waktu seminggu sekali.

Studi Banding

ASRI membuka bagi relawan baik di dalam maupun diluar daerah yang ingin studi banding di ASRI. 

Studi Tur

Relawan atau peserta magang akan mempelajari Planetary Health yaitu menggabungkan kesehatan manusia dan kesehatan alam, serta ada banyak kegiatan lainya.

Planetary Health Talks

ASRI berkesempatan menghadiri salah satu acara tahunan yaitu Planetary Health Annual Meeting

Planetary Health Camp

Kegiatan berkemah yang diadakan setiap tahunnya bagi pelajar dan komunitas peduli lingkungan yang ada disekitar taman nasional Gunung Palung.

4. Replikasi

Menyelamatkan hutan dan kehidupan.


Nah ASRI Juga sudah banyak sekali mendapatkan pengharhargaan diantaranya sebagai berikut :

Penghargaan ASRI

2019

  • Finalis Equator Prize UNDP

2017

  • National Geographic Emerging Explorer

2016

  • Kalpataru “Penyelamat Lingkungan”
  • Whitley Fund for Nature Gold Award Winner

2015

  • Republika Tokoh Perubahan
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan TNGP

2014

  • Disney Conservation Hero
  • iLEAP International Fellow
  • RainerArhnold Social Entrepreneur

2013

  • Ashoka Social Entrepreneur
  • Tupperware She Can Awards
  • Liputan 6 Awards “Inspirasi Indonesia”,

2012

  • KARTINI Award
  • Bupati Kayong Utara

2011

  • Whitley Fund for Nature

Untuk yang ingin berkontribusi ternyata kita juga bisa Bergabung dengan ASRI menjadi Relawan dan Magang di ASRI. 

Keuntungan bergabung dengan ASRI


Relawan ASRI

keuntungan menjadi relawan ASRI kita akan mempunyai banyak relasi dengan relawan lain baik di dalam negeri maupun relawan luar negeri dan kita juga bisa bertemu serta berinteraksi secara langsung dengan para penjaga hutan dan tenaga medis di klinik ASRI.

Magang ASRI

Sahabat akan merasakan langsung menjadi bagian dari kerja-kerja inovatif ASRI yang telah diberi apresiasi baik dalam negeri maupun diluar negeri dan suasana kerja yang nyaman, dekat dengan pantai dan berada persis dibawah kaki taman nasional gunung palung.


selain itu bagi yang tertarik dan ingin berdonasi dan ingin mendukung program asli bisa donasi secara langsung, Adopsi Bibit Pohon atau Shop to Support, silakan dipilih sesuai keinginan.

Adopsi Bibit
Adopsi Bibit


aku tertarik dengan program Adopsi Bibit Pohon yang artinya kita sudah Adopsi Pohon selain murah kita juga berarti sudah berkontribusi dalam reforestasi melalui membeli bibit pohon asli kalimantan. untuk pohon buah Rp 75,000 pohon kayu keras Rp 100,000.

untuk informasi lebih lengkap silakan klik link di bawah ini


dan disini



nah inilah tulisan surat untuk diriku, bumiku dan hutanku di 50 Tahun yang akan datang semoga di 50 Tahun yang akan datang aku masih bisa membaca tulisan ini sekaligus untuk memperingati hari ulang Tahun ASRI pada tanggal 12 Juli 2021.

"Hutan itu rumah bagi makluk hidup, siapa pun yang hidup pasti butuh hutan"


Sumber 
www.alamsehatlestari.org
www.katadata.com
http://sipongi.menlhk.go.id


LihatTutupKomentar